Fakultas Agama Islam Gelar Workshop dan Sertifikasi Zahir Accounting

01 Januari 2021, 09:23:33

Penguasaan skill akuntansi tidak hanya sekedar angka-angka, tetapi kemampuan analisis yang diasah melalui problem solving atau proses pemecahan masalah. Bahkan, menurut Word Economic Forum (WEF), analytical thinking dan complex problem solving menjadi salah satu dari top 10 skills yang dibutuhkan di tahun 2022. Kemampuan atau skill akuntansi adalah sebuah keharusan yang tidak bisa diabaikan oleh profesional muda yang bekerja dibagian keuangan dan akuntan, baik di instansi pemerintahan terlebih lagi di perusahaan swasta.

Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi mengadakan kegiatan akademik dalam merespon hal tersebut. Kegiatan ini bertajuk Workshop dan Sertifikasi Zahir Accounting bersama PT Zahir Internasional dengan peserta mahasiswa prodi Ekonomi Syariah angkatan 2017 dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan.

“Diharapkan mahasiswa mampu memiliki pemahaman dan kemampuan yang baik melalui kegiatan workshop dan sertifikasi Komputerisasi Akuntansi dengan Sofware Zahir Accounting yang bersifat akademik sehingga memberikan nilai tambah (value added) bagi para lulusan Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi Tasikmalaya,” tutur Ketua Pelaksana, Agus Ahmad Nasrulloh dalam keterangan persnya, Kamis (31/12).

“Tidak hanya bagi lulusan yang ingin bekerja di LKS, tetapi penguasaan dan sertifikasi komputerisasi akuntansi bisa menjadi value added atau nilai tambah bagi lulusan Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi sehingga bisa bersaing di dunia kerja selepas lulus. Tidak hanya itu, skill ini bisa menunjang para lulusan yang ingin bergerak sebagai wirausaha atau entrepreneur, sejalan dengan visi dan misi dari FAI Universitas Siliwangi,” lanjutnya.

Sejalan dengan hal itu, Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi, Prof. Dr. H. Deden Mulayana, S.E., M.Si menyampaikan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, mau tidak mau mahasiswa harus bisa beradaptasi dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kemampuan diri sehingga bersaing.

“Karena di era ini Akuntansi tidak hanya bisa di kerjakan dengan metode manual, tetapi bisa di kerjakan dengan menggunakan komputer atau dengan software akuntansi yang ada salah satunya dengan Zahir Accounting,” jelasnya.

Adhi Praditia selaku perwakilan sekaligus team narasumber/trainer dari Zahir Accounting menuturkan bahwa Zahir menjadi salah satu software berbasis akuntansi yang banyak digunakan oleh berbagai macam perusahaan baik di Indonesia maupun di luar negeri, sehingga adanya kegiatan workshop dan sertifikasi ini sangat membantu mahasiswa dalam meningkatkan soft skillnya.

“Mahasiswa sangat antusias dilihat dari banyaknya peserta yang menghadiri workshop tersebut, baik offline maupun online,”katanya. (Rilis)

Sumber: PWI Majalengka ( https://pwimajalengka.com/main/news/view/318 )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.